UMSurabaya Repository

Peran Spiritual Quotient (SQ) dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Islam

Ulumi, Bahrul (2017) Peran Spiritual Quotient (SQ) dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Islam. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (339Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (568Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (484Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (473Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (537Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (512Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (114Kb)

                Abstract

                Spiritual Quotient (SQ), kini sedang hangat-hangatnya dibahas di berbagai kesempatan. Beragam perspektif dan metode pendekatan tengah dikembangkan mulai dari sains, psikologi dan keagamaan Beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) apa makna SQ ? 2) bagaimana pendidikan Islam yang berhasil? 3) bagaimana urgensi SQ dalam menunjang keberhasilan pendidikan Islam ? 4) apakah bukti ilmiah mengenai keberadaan SQ dalam menunjang keberhasilan pendidikan Islam? Jenis penelitian ini termasuk studi pustaka dengan pendekatan hermeneutik yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Dan sumber datanya adalah buku-buku tentang pendidikan, Psikologi, Aspek kecerdasan, dll., Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan dianalisis dengan metode deduktif, dan induktif. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan : Pertama :Spiritual Quotient ialah kemampuan manusia untuk menyelesaikan masalah yang bersumber pada fakta empiris dan hati nurani.; Kedua : Pendidikan Islam dikatakan berhasil bila telah mampu mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik anak didik. Dan lebih penting lagi perkembangan tiga ranah tersebut merupakan perubahan yang dapat menjembatani individu dengan masyarakat dan individu dengan Kholiqnya; Ketiga : SQ sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan Islam karena SQ dapat membantu meningkatkan kemampuan anak didik dalam mengembangkan ranah-ranahnya.; Keempat : Bukti ilmiah mengenai keberadaan SQ adalah God-Spot, problem ikatan, MEG, dan bahasa simbolis yang semuanya ada pada otak manusia. Karena God-Spot merupakan ruh Ilahi yang bersumber pada sifat-sifat-Nya yaitu al-Asma’ al- Khusna.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Makna SQ, Keberhasilan pendidikan Islam, urgensi SQ
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 12:33
                Last Modified: 23 Jul 2018 10:26
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2154

                Actions (login required)

                View Item