UMSurabaya Repository

Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 17 Surabaya

Masruroh, Masruroh (2017) Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 17 Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (330Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (107Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (275Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (45Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (185Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (36Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (17Kb)

                Abstract

                Peluang bagi usaha pendidik untuk memberi andilnya dalam usaha membentuk karakter, maka diharapkan pembentukan karakter siswa dapat diupayakan melalui pendidikan agama Islam yang telah diajarkan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 17 Surabaya?; 2) Bagaimana keadaan Karakter Siswa di SMP Negeri 17 Surabaya?; 3) Bagaimana Peranan Pendidikan agama Islam dalam Pembentukan kargakter siswa di SMP Negeri 17 Surabaya ? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kwalitatif, pengumpulan datanya dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis datanya peneliti mendeskripsikan dan menguraikan tentang kreativitas guru Agma Islam di sekolah, setelah data terkumpul maka untuk menganalisnya peneliti mengunakan teknik analisis deskriptif Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Pelaksanaan Pendidikan Agama agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan maka: a) Mempersiapkan perencanaan mengajar sedini mungkin seperti : Kalender Pendidikan, satuan pelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, b) Untuk pendidikan Agama kurikulumnya mengikuti prosedur yang digunakan oleh Kemendikbud, c) Metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan pemberian tugas, d)Bentuk evaluasi yang digunakan adalah pretes dan post test. Selain itu juga meggunakan evaluasi formatif dan sumatif; 2) Mengenai karakter yang dimiliki oleh siswa sudah banyak variabel yang menunjukkan ke arah yang baik. Meskipun tidak semua unsur kepribadiannya baik, tapi sudah dapat dikatakan cukup baik; 3) Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan dalam membentuk karakter siswa untuk bekal hidup didunia dan akhirat sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits, ini semua juga karena dorongan dari kepala sekolah dan juga oleh guru-guru yang lain, karena pada dasarnya setiap manusia ingin memiliki karakter yang simpatik, karena dengan itu, manusia akan dihormati, disegani, dan dicintai oleh orang sekitarnya.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 12:51
                Last Modified: 23 Jul 2018 10:08
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2159

                Actions (login required)

                View Item