UMSurabaya Repository

Model Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK Negeri 1 Bojonegoro

Hakim, Muhamad Ansorul (2017) Model Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (245Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (415Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (854Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (309Kb)
          [img] PDF (Bab 4 )
          Restricted to Registered users only

          Download (1111Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (197Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (990Kb)

                Abstract

                Rumusan masalah dari penelelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut : Pertama bagaimana model implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Kedua Bagaimana Kemampuan berfikir kritis siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro. Ketiga Bagimana pengaruh model implementasi pendekatan saintifik dalam membentuk kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) model concurrent embedded strategy merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot masing-masing metode berbeda. Jadi terdapat metode yang primer dan metode sekunder. Pada penelitian ini yang merupakan metode primer adalah kuantitatif dan metode sekunder adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Negeri Bojonegoro yang berjumlah 1440 peserta didik. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI Akuntansi sebanyak tiga kelas sejumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, angket, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan statistic product moment. Dari hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh hasil penelitian = 0,404, apabila dikonsultasikan dengan harga r dalam tabel untuk N = 93, untuk taraf signifikansi 5 % = 0,202 dan untuk taraf signifikansi 1 % = 0,263 sehingga, untuk taraf signifikansi 5 % nilai lebih besar dari nilai , dan untuk taraf signifikansi 1 % nilai juga lebih besar dari nilai . Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, manakala dikonsultasikan pada besarnya “r” product moment, maka interpretasinya antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi sedang. Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh sedang/cukup antara implementasi pendekatan saintifik dalam membangun kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bojonegoro.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Model Implementasi, Pendekatan Saintifik, Berfikir Kritis
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 13:03
                Last Modified: 23 Jul 2018 10:05
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2161

                Actions (login required)

                View Item