UMSurabaya Repository

Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ikhsan Jombang

Rohmah, Naily (2017) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ikhsan Jombang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (331Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (77Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (292Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (40Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (262Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (14Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (8Kb)

                Abstract

                Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, pertama bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah al Ikhsan Jombang?; kedua apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah al Ikhsan Jombang?; ketiga bagaimana upaya yang dilakukan oleh para guru di Madrasah Aliyah al Ikhsan Jombang dalam mengatasi kendala pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam pembinaan Akhlak pada mata pelajaran Aqidah Akhlak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kwalitatif, metode pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisisnya dengan analisis deskriptif yaitu menggambarkan "Apa adanya" tentang suatu variable, gejala atau keadaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, pertama, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan akhlak di madrasah ini dibuktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilaksanakan/ditaati oleh seluru siswa-siswi madrasah, baik itu yang berbentuk Ibadah Mahdhoh maupun Ghoiru Mahdhoh; kedua, faktor yang mendukung dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan akhlak di madrasah ini adalah faktor intern dan ekstern yang ada pada diri anak, adapun faktor yang menghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan akhlak di madrasah ini adalah umumnya kendala yang datang dari siswa yang banyak mempunyai masalah, sehingga sulit diatur, malas menjalankan tugas dan sebagainya, penghambat lainnya adalah keluarga menggantungkan diri sepenuhnya pada pendidikan dan pembinaan yang diberikan oleh sekolah, dan Masalah guru BP yang belum ada yang bisa menangani masalah-masalah yang dilakukan oleh siswa; ketiga, Dalam mengatasi kendala pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan akhlak upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan para guru adalah: (1) memberikan perhatian yang lebih pada anak yang bermasalah, (2) memberikan pengertian dengan perlahan-lahan, (3) memberikan kasih sayang yang seimbang diantara siswa-siswi.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Agama Islam, pembinaan akhlak, Internalisasi
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 13:08
                Last Modified: 23 Jul 2018 10:16
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2162

                Actions (login required)

                View Item