UMSurabaya Repository

Studi Deskriptif Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Mts Negeri Bakalan Rayung Jombang

Fatimah, Nur (2017) Studi Deskriptif Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Mts Negeri Bakalan Rayung Jombang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (341Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (169Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (232Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (65Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (289Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (51Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (6Kb)

                Abstract

                Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas. Untuk dapat menjadi guru profesional, mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru yang profesional. Dalam penelitian ini akan mencari jawaban rumusan : pertama, mendeskripsikan apa faktor-faktor yang dapat mendukung profesionalitas guru di MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang; kedua, mendeskripsikan bagaimana profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang, ketiga, mendeskripsikan bagaimana upaya kepala sekolah tentang peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang Jenis penelitian tesis ini kwalitatif, dan metode pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisisnya dengan induktif, deduktif dan komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : pertama, Kemampuan profesionalisme guru di MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang yaitu kemampuan dalam menguasai bahan/materi pembelajaran, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media, menguasai landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi belajar mengajar, mengenal fungsi bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah sudah sangat baik; kedua, Kemampuan guru dalam membuat persiapan mengajar juga dalam kategori sangat baik. Hal ini ditandai bahwa guru telah membuat persiapan mengajar dengan prosedur yang benar, tiap sub bab pembahasan, guru telah mampu menggunakan media pembelajaran sesuai dengan fungsinya dalam menyampaikan materi, serta mengadakan evaluasi dalam tiap proses pembelajaran dengan baik; ketiga, Upaya peningkatan profesionalisme guru di madrasah ini dilakukan oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan itu sendiri. Upaya yang telah dilakukan oleh kepala sekolah antara lain dengan mengadakan rapat, penataran guru kelas, dan mengadakan penegakan disiplin pada tiap guru dan karyawan, mengadakan pertemuan rutin sesama guru bidang studi, dan mengadakan penilaian terhadap diri sendiri.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Proses Pembelajaran, Studi Deskriptif
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > LB Theory and practice of education
                Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 13:33
                Last Modified: 23 Jul 2018 09:42
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2165

                Actions (login required)

                View Item