UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN KARTU REMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB/C AKW KUMARA II SURABAYA

Sefrida, Ratna and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN KARTU REMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB/C AKW KUMARA II SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Intelegansi anak tunagrahita ringan mengalami hambatan dalam perkembangan kognitif dan ketrampilan sosial, Salah satu hambatan kognitif yang dialaminya adalahpeningkatan dalam berhitung. Metode pembelajaran ceramah susah untuk dipahami anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Dengan Bermain Kartu Remi Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Di SDLB/C AKW Kumara II Suarabaya. Desain penelitian pre-eksperimental dalam satu kelompok (one group pre test-post test). Dengan jumlah Populasi 30 anak dan di dapatkan sampel sebanyak 30 anak dengan menggunakan Total sampling. Variable pada penelitian ini terdiri dari variable Independent yaitu Metode Pembelajaran Bermain Kartu Remi dan variable Dependent yaitu Peningkatan Kemampuan Berhitung. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi dan kartu remi, dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian setelah mendapatkan intervensi di dapatkan anak tunagrahita yang mengalami peningkatan berhitung sebanyak 16 anak (53%), dan 14 anak (47%) belum mengalami peningkatan. Hasil analisa dengan Uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test di dapatkan hasil dengan p = 0,002 <α = 0,05 artinya ada Pengaruh Metode Pembelajaran Dengan Bermain Kartu Remi Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Di SDLB/C AKW Kumara II Surabaya. Dengan adanya penelitan ini diharapkan pada guru pengajar maupun orang tua untuk mengajarkan berhitung dengan cara yang variatif yaitu dengan menggunakan permainan, agar anak tetap dapat bermain dengan belajar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Bermain, Kartu Remi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:08
Last Modified: 27 Feb 2018 07:08
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item