UMSurabaya Repository

Manajeman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Muhammadiyah 2 Surabaya

Gufran, Zaki (2017) Manajeman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Muhammadiyah 2 Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2 )
Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (227kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Manajeman Pembelajaran adalah serangkaian proses kegiatan mengelola bagaimana membelajarkan peserta didik dengan diawali dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pengendalian, dan penilaian. Dalam manjeman pembelajaran, yang bertindak sebagai manajer adalah guru atau pendidik. Sehingga dengan demikian pendidik memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk melakukan beberapa langkah kegiatan manajeman yang meliputi merencanakan pembelajaran, mengorganisasikan pembelajaran, mengendalikan atau mengarahkan pembelajaran serta mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini dikatagorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif, dan untuk memperoleh datanya, diperlukan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan litaratur, sedangkan analisa datanya menggunakan tehnik diskriptif kualitatif dengan presentase. Setelah mengadakan penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa, Manajeman pembelajaran PAI sudah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan baik. perencanaan dalam pendidikan itu menempati posisi strategis dalam seluruh proses pendidikan karena dengan perencanaan pendidikan itu akan memberikan arah dalam usaha proses penyelenggara pendidikan. Perencanaan merupakan proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam hal evaluasi proses pembelajaran dapat dilakukan pada setiap ketuntasan dari aspek kompetensi ini meliputi pokok bahasan, sub pokok bahasan, atau simpulan dari materi pembelajaran. Setiap selesai pembahassan, proses evaluasi dilakukan. Dari hasil penelitian ini maka dapat disarankan kepada pihak sekolah dan daya dukung pendidikan didalamnya untuk membangun komitmennya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajeman Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:18
Last Modified: 23 Jul 2018 02:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item