UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN DI KELAS 2MI AL-MUSTOFA SURABAYA

WACHIDAH, NURUL and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Drs. Wudjud SD, M.Pd (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN DI KELAS 2MI AL-MUSTOFA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (288Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (99Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (242Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (350Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (399Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (77Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2315Kb)

                Abstract

                Baik burunya prestasi yang diperoleh oleh siswa, tidak lepas dari peran guru ketika memberikan pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui efektivitas penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran materi perkalian kelas 2 siswa MI Al-Mustofa Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk multiple choise dan uraian, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan lembar kuisioner berupa angket respon siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 75%. Aktivitas siswa dan guru berada dalam waktu ideal yang sudah ditentukan sebelumnya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan tingkat kemampuan guru yang baik. Respon siswa terhadap penerapan metode jarimatika menunjukkan respon positif. Oleh karena itu, metode jarimatika efektif digunakan dalam pembelajaran materi perkalian kelas 2 siswa MI Al-Mustofa Surabaya. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Metode Jarimatika.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 17:57
                Last Modified: 07 Nov 2017 17:57
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/220

                Actions (login required)

                View Item