UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMPN 38 SURABAYA

GALANG MARHENDRA, AKHBAR and Wahyuni Suryaningtiyas, Si., M.Si and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMPN 38 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (451Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (225Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (551Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (238Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (527Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (157Kb)
              [img] PDF (Lampiran )
              Restricted to Repository staff only

              Download (7Mb)

                Abstract

                Permasalahandalampenelitianiniadalahmasihbanyaknyapendidikdanpesertadidik yang belummemaksimalkanakses internet di era globalisasisaatini, kurangnyapendidikdalammenguasai model pembelajarane-learningdigunakandalammengajar, sertamasihbanyak pula pendidikdanpesertadidik SMPN 38 Surabaya yang belummenggunakansecaramaksimalfasilitaswifigunamencarisumberbelajar yang bergunauntukmengemasmateri agar lebihluasdanbervairiasi. Penelitianinitermasukpenelitianeksperimen. Desain yang digunakandalampenelitianiniadalahPretest-Posttest Control Group Design. Penelitiandilakukan di SMPN38 Surabaya. Sampeldalampenelitianadalahkelas VIII Bsebagaikelaseksperimendankelas VIII E sebagaikelaskontrol. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, pengaruh model pembelajaranBlended Learning terhadap hasil belajar matematika yang dilakukan pada kelas VIII SMPN 38 Surabaya, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranBlended Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar pada kelas kontrol. Selain itu, Pada hasil angket respon siswa, terlihat bahwa 42% siswa (pada pernyataan angket positif) sangatsetuju dan 32% setujudengan penggunaanmodel pembelajaran Blended Learning dalampembelajaranmatematika, ini berarti bahwa banyaksiswa pada kelompok kelas eksperimen merespon baik terhadap penggunaanmodel pembelajaran Blended Learning dalampembelajaranmatematika di kelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Blended Learning, PembelajaranMatematika

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 18:27
                Last Modified: 07 Nov 2017 18:27
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/227

                Actions (login required)

                View Item