UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCOCOK GAMBAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI ROUDHOTUL ATFHAL AL FATAH TARIK SIDOARJO

Andrianingsih, Sriana and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCOCOK GAMBAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI ROUDHOTUL ATFHAL AL FATAH TARIK SIDOARJO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (59Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (148Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (180Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (172Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (439Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (82Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (557Kb)

                Abstract

                Kemampuan mencocokkan gambar pada anak-anak kelompok B di Roudhotul Atfhal Al Fatah Tarik Sidoarjo masih kurang dari harapan para guru, karena takut atau kurang berani menggunakan alat yang sesuai. Dalam perkembangan manusia, perkembangan motor fisik memainkan peran yang sama pentingnya dengan perkembangan kognitif, perilaku sosial dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mencocokkan gambar pada anak-anak kelompok B di Roudhotul Atfhal Al Fatah Tarik sidoarjo. Metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan mencocokkan adalah dengan metode demonstrasi. Manfaat pencocokan adalah melatih koordinasi tangan, mata dan konsentrasi, meningkatkan kepercayaan diri, kelancaran menulis, ekspresi dan mengasah kognitif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti, dengan menggunakan sistem spiral refleksi awal sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari penyusunan rencana penelitian, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dimana tujuan keberhasilan penelitian dikatakan berhasil bila kemampuan lembar observasi mencocokkan citra pada anak mencapai ≥ 80%. Sasaran penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Roudhotul Atfhal Al Fatah Tarik Sidoarjo yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan di Roudhotul Atfhal Al Fatah Tarik Sidoarjo. Dari hasil analisis diperoleh bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan untuk mencocokkan gambar yang ada pada siklus pertama sebesar 31% sampai 90% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mencocokkan citra anak balita B RoudhotulAtfhal Al Fatah Tarik Sidoarjo. Kata kunci: Kemampuan pencocokan gambar, Metode Demonstrasi. Kemampuan

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > Q Science (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 13 Mar 2018 11:10
                Last Modified: 13 Mar 2018 11:10
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2272

                Actions (login required)

                View Item