UMSurabaya Repository

STUDI KASUS TERAPI MUSIK ANAK (DUA MATA SAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA ALPHA KUMARA WARDANA II SURABAYA

Ariyani, Maya and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns., M.Kes (2016) STUDI KASUS TERAPI MUSIK ANAK (DUA MATA SAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA ALPHA KUMARA WARDANA II SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (100kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Retardasi mental merupakan kelompok anak yang memiliki hambatan yang signifikan dalam fungsi kognitif dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Salah satu dampak hambatan kognitif dalam pembelajaran adalah kurangnya kemampuan anak retardasi mental mengenal anggota tubuhnya. Desain penelitian studi kasus (Case Study) yang fokus pada keperawatan jiwa/anak mengenai pembelajaran dengan tekhnik terapi musik anak (dua mata saya) untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak retardasi mental ringan. Unit analisis dari penelitian ini adalah kemampuan sebelum, respon saat pembelajaran, dan kemampuan sesudah dilakukan terapi musik. Responden berjumlah 2 anak. Penelitian dilakukan selama 5 hari termasuk pretest dan postest. Frekuensi sehari dilakukan 1 kegiatan saja. Hasil penelitian di dapatkan pada responden An.O dan An.P sebelum diberikan terapi musik belum mampu mengenal 6 anggota tubuhnya secara sempurna. Respon kognitif, afektif, psikomotor pada An. O meningkat dengan baik pada hari ke 3 dan An. P pada hari ke 4. Hasil yang didapatkan sesudah diberikan pembelajaran selama 5 hari adalah An. O dan An. P mampu mengenal anggota tubuh dengan sempurna. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan tekhnik terapi musik(dua mata saya) dapat meningatkan kemampuan mengingat anggota tubuh pada anak retardasi mental.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 06 May 2018 03:32
Last Modified: 06 May 2018 03:32
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item