UMSurabaya Repository

STUDI KASUS TERAPI MUSIK ANAK (DUA MATA SAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA ALPHA KUMARA WARDANA II SURABAYA

Ariyani, Maya and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns., M.Kes (2016) STUDI KASUS TERAPI MUSIK ANAK (DUA MATA SAYA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA ALPHA KUMARA WARDANA II SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (371Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (101Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (301Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (98Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (213Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (87Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2227Kb)

                Abstract

                Retardasi mental merupakan kelompok anak yang memiliki hambatan yang signifikan dalam fungsi kognitif dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Salah satu dampak hambatan kognitif dalam pembelajaran adalah kurangnya kemampuan anak retardasi mental mengenal anggota tubuhnya. Desain penelitian studi kasus (Case Study) yang fokus pada keperawatan jiwa/anak mengenai pembelajaran dengan tekhnik terapi musik anak (dua mata saya) untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak retardasi mental ringan. Unit analisis dari penelitian ini adalah kemampuan sebelum, respon saat pembelajaran, dan kemampuan sesudah dilakukan terapi musik. Responden berjumlah 2 anak. Penelitian dilakukan selama 5 hari termasuk pretest dan postest. Frekuensi sehari dilakukan 1 kegiatan saja. Hasil penelitian di dapatkan pada responden An.O dan An.P sebelum diberikan terapi musik belum mampu mengenal 6 anggota tubuhnya secara sempurna. Respon kognitif, afektif, psikomotor pada An. O meningkat dengan baik pada hari ke 3 dan An. P pada hari ke 4. Hasil yang didapatkan sesudah diberikan pembelajaran selama 5 hari adalah An. O dan An. P mampu mengenal anggota tubuh dengan sempurna. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan tekhnik terapi musik(dua mata saya) dapat meningatkan kemampuan mengingat anggota tubuh pada anak retardasi mental.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
                R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
                R Medicine > RZ Other systems of medicine
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 06 May 2018 10:32
                Last Modified: 06 May 2018 10:32
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2338

                Actions (login required)

                View Item