UMSurabaya Repository

Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Proses Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Mts Negeri Bojonegoro

Roziqin, Moch. Khoirur (2018) Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Proses Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Mts Negeri Bojonegoro. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (260kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya eksplorasi dan transformasi ilmu pengetahuan ke dalam sistem pendidikan Islam secara integral dan operasional. Pendekatan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan data dan analisis kualitatif. Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu Bimbingan dan Konselingsebagai variabel independen, dan prestasi belajar siswa sebagai variabel dependen. Variabel BK diperkirakan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah MTs Negeri I Bojonegoro. Peneliti memilih siswa kelas 7 sebagai populasi, dan menetapkan10% dari mereka sebagai sampel. Teknik dalam pengambilan sampel berupa random sampling dengan cara undian. Sumber data penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung dari tanggal6Desember 2017 sampai dengan 6 Januari 2018. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa layanan Bimbingan dan Konselingberpengaruh terhadap proses peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini didasarkan pada data skor angket yang telah dihitung dengan rumus product moment yang menghasilkan nilai indeks korelasi (rxy) sebesar 0,681. Hasil ini terbukti lebih besar dibandingkan dengan nilai pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,463 dan 5% sebesar 0,361. Dengan demikian, pendidikan yang bermutu, efektif dan ideal adalah yang mengintegrasikan tiga bidang kegiatan utamanya secara sinergi, yaitu bidang administratif dan kepemimpinan, bidang instruksional atau kurikuler, dan bidang bimbingan dan konseling. Pendidikan yang hanya melaksanakan bidang administratif dan instruksional dengan mengabaikan bidang bimbingan dan konseling, hanya akan menghasilkan siswa yang pintar dan terampil dalam aspek akademik, tetapi kurang memiliki kemampuan atau kematangan dalam aspek kepribadian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap proses peningkatan dan pemberdayaan peran BK secara maksimal di lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2018 07:18
Last Modified: 20 Aug 2018 01:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item