UMSurabaya Repository

Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) (Studi Analisis Materi Ajar Kelas Xii Madrasah Aliyah)

Yusuf, Yusuf (2018) Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) (Studi Analisis Materi Ajar Kelas Xii Madrasah Aliyah). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (432Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (491Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (661Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (527Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (471Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (147Kb)

              Abstract

              Dalam konteks hidup bermasyarakat, pluralisme sering jadi persoalan sosial yang dapat mengganggu integritas masyarakat, pandangan negatif yang dimunculkan dari pluralisme karena adanya imlikasi-implikasi sosial yang sering ditimbulkan sebelumnya, karena implikasi tersebut tentu saja sangat kontras dengan nilai dasar dan etis dari tiap agama. Masalah toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia sudah sejak awal mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Pemerintah menyadari bahwa mantabnya toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama adalah faktor yang sangat penting dalam membina dan mengembangkan kerukunan nasional. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan ada tidaknya nilai-nilai pluralisme dalam sejarah kebudayaan Islam studi analisis materi ajar Kelas XII madrasah aliyah, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau pustaka (library research) karena penelitian ini mengkaji sumberdata yang terdiri literatur-literatur yang berkaitan dengan judul. Adapun hasil dari analisa mengenai nilai-nilai pluralisme yang terkandung dalam materi ajar Sejarah kebudayaan Islam Kelas XII yaitu dalam materi tersebut ada beberapa materi yang sudah sesuai dengan pluralisme dimana dalam materi tersebut sangat toleran terhadap multikulturalisme yang disertai dengan pluralisme beragama, sehingga tercapainya kerukunan dan saling menghormati. dan adapula yang tidak menggambarkan adanya pluralisme beragama, karena dalam materi tersebut banyak diketahui adanya pihak-pihak yang ingin merusak hubungan baik antar agama dan juga saling memperebutkan kekuasaan dengan menggunakan nama agama, dan tidak disertai dengan toleransi sehinnga terjadinya permusuhan antar Agama. Hal ini menunjukkan bahwa ada nilai-nilai pluralisme dalam Sejarah Kebudayaan Islam materi ajar Kelas XII, meskipun disisi lain ada yang tidak menunjukkan Nilai-nilai Pluralisme

              Item Type: Thesis (Masters)
              Uncontrolled Keywords: Pluralisme, Nilai dan SKI
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
              Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Islam
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 21 Aug 2018 15:37
              Last Modified: 21 Aug 2018 15:37
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2399

              Actions (login required)

              View Item