UMSurabaya Repository

Model Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Dan Al-Hadits Dalam Meningkatkan Peradaban Islam

Jurjani , Nur Alam (2018) Model Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Dan Al-Hadits Dalam Meningkatkan Peradaban Islam. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (472Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (626Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (1201Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (710Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (668Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (320Kb)

              Abstract

              Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut: pertama, Bagaimana model pendidikan yang bisa mewujudkan munculnya peradaban Islam yang tinggi?; kedua, Bagaimana Peradaban yang dihasilkan oleh pendidikan yang berbasis wahyu Al-Qur’an dan Al-Hadits)?; ketiga, Apa yang terjadi ketika suatu peradaban mengesampingkan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits)?. Penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya eksplorasi dan transformasi ilmu pengetahuan ke dalam sistem pendidikan Islam secara integral dan operasional. Jenis penelitian dalam tesis ini bersifat pendekatan literatur; metode pengumpulan datanya: metode dokumentasi dan metode observasi, sedangkan metode intervew sebagai metode penunjang untuk mengumpulkan data-data yang berhubungan denga pelitian dalam tesis ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa non statistik. Berdasarkan data yang digunakan dalam tesis ini dapat disimpulkan: pertama, pendidikan yang bisa mewujudkan munculnya peradaban islam yang tinggi adalah pendidikan yang berbasis wahyu; kedua, peradaban yang dihasilkan oleh pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) adalah peradaban yang membawa kemaslahatan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. ketiga, ketika peradaban mengesampingkan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) maka yang terjadi adalah kemunduran dan kehancuran. Harapan penulis agar semua pendidik menggunakan basis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) untuk mendidik anak didiknya. Penulis juga berharap agar semua instansi pendidikan menggunakan (Al-Qur’an dan Al-Hadits) sebagai basis pendidikan, juga berharap kepada instansi pemerintah untuk ikut andil mengembalikan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits).

              Item Type: Thesis (Masters)
              Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Peradaban islam dan Wahyu
              Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
              Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 21 Aug 2018 15:57
              Last Modified: 21 Aug 2018 15:57
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2401

              Actions (login required)

              View Item