UMSurabaya Repository

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya

Ma’ruf, Muhammad Farid (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (207Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (165Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (282Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (124Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (251Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (66Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (217Kb)

                Abstract

                Tesis ini meneliti tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya.” Tingginya kasus kriminal menunjukkan pentingnya pendidikan karakter. Dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter, sekolah perlu memiliki program kegiatan, diantaranya adalah dengan pembiasaan membaca dan menghafal al Qur’an. SMPIT Ar Rayyan memiliki program tersebut dalam muatan kurikulum di sekolah. Sebagai sekolah formal yang menambahkan pelajaran Tahfidzul Qur’an merupakan keunikan tersendiri dari sekolah tersebut. Dari sinilah penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya.”. Dengan rumusan masalah : pertama, bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya. Kedua, bagaimana pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan, ketiga, nilai-nilai karakter apa yang ditumbuhkan melalui pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya. Dengan menggunakan metode penelitian “kualitatif-deskriptif” karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan menggunakan data kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur. Secara praktis dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan Surabaya, diketahui bahwa pendidikan karakter benar-benar telah diimplementasikan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Ar Rayyan dengan cukup baik, yakni dari tahapan pembelajaran, metode pembelajaran, maupun pada evaluasi pembelajarannya. Pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang diterapkan di SMPIT Ar-Rayyan menggunakan metode tasmi’ dan mura ja’ah yang diberi istilah oleh sekolah dengan sebutan sabak, sabki, manzil. Nilai-nilai karakter siwa yang berusaha ditumbuhkan sekolah melalui pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMPIT Ar-Rayyan Surabaya adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri,bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Tahfidz
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Users 840 not found.
                Date Deposited: 21 Aug 2018 16:25
                Last Modified: 21 Aug 2018 16:25
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2403

                Actions (login required)

                View Item