UMSurabaya Repository

Peranan Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba Produk Kerupuk Ikan Pada UD. Vina Usaha Sukolilo Kenjeran

Andari, Yuni (2017) Peranan Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba Produk Kerupuk Ikan Pada UD. Vina Usaha Sukolilo Kenjeran. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (396Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Download (213Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Download (391Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Download (271Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (354Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Download (83Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1205Kb)

                Abstract

                Laba atau keuntungan merupakan tujuan utama perusahaan dalam menjalankan usahanya, maka diperlukan adanya suatu perencanaan penjualan yang dapat dipergunakan untuk mengetahui besarnya volume penjualan minimum yang harus dicapai oleh perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Untuk itu diperlukan alat analisis yang mampu memberikan informasi mengenai perencanaan penjualan, yaitu analisis Break Even Point atau yang biasa disebut analisis titik impas. Analisis Break Even Point digunakan untuk mengetahui pada titik berapa hasil penjualan sama dengan jumlah biaya yang dikeluarkan atau laba sebesar nol. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan analisis Break Even Point sebagai alat perencanaan laba produk kerupuk ikan pada UD. Vina Usaha. Objek penelitian ini adalah UD. Vina Usaha yang bergerak di bidang industri kerupuk ikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2016, UD. Vina Usaha sudah mampu mencapai penjualan di atas Break Even Point. Besarnya margin kontribusi juga sudah menutupi biaya tetap sehingga UD. Vina Usaha mampu mendapatkan laba. Target laba untuk tahun 2017 sebesar 45% dari penjualan 2016 yaitu Rp. 63.638.688,00. Perencanaan penjualan yang dibuat untuk mencapai target laba tahun 2017 adalah sebesar Rp. 237.955.731,00 dengan nilai Break Even Point sebesar Rp. 96.221.459,00 dan Margin of Safety sebesar Rp. 141.726.433,00.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Break even point, perencanaan laba
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Aug 2018 11:09
                Last Modified: 27 Aug 2018 11:36
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2411

                Actions (login required)

                View Item