UMSurabaya Repository

Penggunaan Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kamus Bergambar Siswa Kelas IV pada Materi SAINS SD Negri Kelompang Timur II

Budianto, Ach. Fikri (2018) Penggunaan Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kamus Bergambar Siswa Kelas IV pada Materi SAINS SD Negri Kelompang Timur II. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (796Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (153Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (174Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (366Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (483Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (83Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1793Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa setelah melaksanakan pembelajaran model NHT pada materi sains dengan media kamus bergambar, mengetahui keterlaksanaan dan respons siswa kelas IV SD Negri Kelompang Timur II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan design Post Test Grup Only. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket respon dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media kamus bergambar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa klasikal 9,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 80,9%; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode metode Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media kamus bergambar sangat positif yaitu dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar; (3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode NHT termasuk kategori baik pada siklus I diperoleh (3.16%) dan siklus II termasuk kategori sangat baik sebesar (3.92%).

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Model NHT (Numbered Head Together), media pembelajaran kamus bergambar, keterlaksanaan, respon siswa, dan Hasil Belajar Kognitif
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 24 Sep 2018 09:17
                Last Modified: 24 Sep 2018 09:17
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2486

                Actions (login required)

                View Item