UMSurabaya Repository

PERANAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2009 SAMPAI DENGAN TAHUN 2013

Arifin, Arifin and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak and Drs. Ec. Syamsul Hidayat, Ak, M.Si (2014) PERANAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2009 SAMPAI DENGAN TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (287Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (193Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (210Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (321Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (461Kb)
            [img] PDF (BAB 5 )
            Restricted to Repository staff only

            Download (95Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2686Kb)

                Abstract

                Laporan keuangan perusahaan merupakan suatu masalah yang sangat penting bagi perusahaan karena dalam melakukan penilian kinerja keuangan perusahaan membutuhkan laporan keuangan. Salah satu metode yang digunakan dalam penilaian kinerja keuangan perusahaan adalah Economic Value Added. Pada kesempatan sebelumnya perusahaan food and beverage yang terdaftar sudah pernah diteliti akan tetapi metode yang dipakai adalah analisis laporan keuangan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini peneliti akan meneliti kinerja keuangan perusahaan food and beverage dengan menggunakan metode Economic Value Added. Dalam penelitian ini teknik analisa data yang digunakan adalah analisa kuntitatif deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berupa angka kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Dari hasil analisis WACC perusahaan food menggambarkan bahwa nilai rata-rata naiknya tidak lebih dari 10 point. Sedangkan untuk perusahaan beverage rata-rata kenaikan menunjukkan hal yang sama dengan perusahaan food. Dari hasil analisis ROIC peusahaan food menggambarkan bahwa mengalami naik turun, akan tetapi sebagian besar perusahaan mengalami kenaikan. Sedangkan perusahaan beverage menggambarkan sama dengan perusahaan food dan sebagian besar pun mengalami kenaikan. Dari hasil analisis trend untuk kinerja keuangan perusahaan berdasarkan EVA untuk perusahaan food menggambarkan bahwa kinerja terbaik adalah PT. Siantar Top Tbk (STTP), diharapkan bisa mempertahankan posisinya atau bisa juga ditingkatkan nilainya supaya nilai perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan kompetitornya, dengan meningkatkan nilai ROIC nya dan menurunkan nilai WACC nya. Sedangkan untuk perusahaan beverage analisis trend yang didasarkan pada EVA menggambarkan bahwa kinerjanya yang baik adalah PT. Akasha Wira International Tbk (ADES), perusahaan ini juga diharapkan bisa mempertahankan kinerjanya bahkan meningkatkannya dengan meningkatkan nilai ROIC nya dan menurunkan nilai WACC nya. Kata kunci: Economic Value Added, Kinerja Keuangan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 08 Nov 2017 10:20
                Last Modified: 08 Nov 2017 10:20
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/269

                Actions (login required)

                View Item