UMSurabaya Repository

IMPROVING STUDENTS’ WRITING IN DESCRIPTIVE TEXT USING VIDEO AS MEDIA THROUGH ROUND ROBIN (A Classroom Action Research at VII Grade of MTs.NahdlatulUlama’ Sidayu, Gresik)

Wahyuni, Evi (2018) IMPROVING STUDENTS’ WRITING IN DESCRIPTIVE TEXT USING VIDEO AS MEDIA THROUGH ROUND ROBIN (A Classroom Action Research at VII Grade of MTs.NahdlatulUlama’ Sidayu, Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (608Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (95Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (164Kb)
        [img] PDF (Bba 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (196Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (296Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (51Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1103Kb)

                Abstract

                Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan dalam setiap siklus. Peneliti menyelidiki aplikasi video sebagai media dan teknik round robin dalam pengajaran menulis teks deskriptif dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai selain berbicara, mendengarkan dan membaca oleh semua siswa karena menulis adalah perantara atau alat untuk mengekspresikan ide dalam teks tertulis. Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan sesuatu seperti tempat, orang, binatang, dan benda. Round robin adalah strategi mengajar dari pembelajaran kooperatif yang diperkenalkan oleh Kagan. Dalam teknik round robin, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari empat anggota masing-masing kelompok. Siswa berbagi pemahaman mereka tentang topik atau masalah yang telah diberikan guru kepada mereka dan ada sedikit cara untuk memecahkan masalah dan bekerja sama dengan rekan setimnya karena tidak ada yang tidak melakukan apa pun dalam proses pembelajaran ini menggunakan teknik ini. Peneliti ingin mengetahui keterampilan menulis siswa dengan menganalisa mereka dengan observasi aktivitas kelas dan mewawancarai guru untuk menemukan masalah siswa. Setelah mengetahui masalahnya, peneliti ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan metode yang menarik dengan menggunakan video sebagai media untuk membuat siswa tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan teknik round robin untuk membuat siswa bekerja sama dengan teman-teman mereka dalam membuat teks deskriptif. Untuk hasil dari penelitian ini adalah ada peningkatan penulisan siswa baik pada siklus pertama dan kedua, karena guru selalu memberikan penjelasan dan latihan dalam setiap pertemuan. Oleh karena itu, siswa dilatih untuk membuat teks deskriptif baik secara kelompok maupun individual.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Menulis, Round Robin, Video, Deskriptif teks, Penelitian Tindakan Kelas
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 12 Oct 2018 15:38
                Last Modified: 12 Oct 2018 15:38
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2731

                Actions (login required)

                View Item