UMSurabaya Repository

USING AUGMENTED REALITY TO IMPROVE STUDENT WRITING IN REPORT TEXT IN ELEVENTH GRADE AT SMK SATYA WIDYA SURABAYA

Esandra, Ardinda Carla (2018) USING AUGMENTED REALITY TO IMPROVE STUDENT WRITING IN REPORT TEXT IN ELEVENTH GRADE AT SMK SATYA WIDYA SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (930Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (303Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (374Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (533Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (485Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (285Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (2245Kb)

                Abstract

                Augmened reality adalah menciptakan sebuah versi modifikasi dari realitas kita, yang diperkaya dengan informasi digital (atau virtual), pada layar komputer desktop atau perangkat mobile (Grasset, 2013). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam report teks pada siswa kelas sebelas. Dengan menerapkan Augmeneted realita dalam mengajar menulis report teks, bertujuan untuk brainstrom ide siswa agar dapat memahami bagaimana menulis report teks. Penelitian ini menggunakan desain riset Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dimulai pada Maret 27 April sampai 23 Apil 2018 di SMK Satya Widya Surabaya. Field note, observasi, wawancara dan questionnare digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Selain itu, penulis menggunakan model PTK dari Kemmis dan Mc Taggart untuk menganalisa data. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbaikan antara siklus pertama dan siklus kedua. Rata-rata Skor kemampuan menulis siswa diperbaiki dalam siklus pertama adalah 56,3 untuk 75.52. Dalam pertama siklus 11 siswa yang lulus dari KKM dan siklus dua 20 siswa lulus dari KKM. Kurangnya motivasi siswa pada proses belajar. Implementasi AR dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar menulis report teks. Itu telah dibuktikan melalui tanggapan siswa tentang pelaksanaan penelitian. Siswa sangat antusias ketika guru mengajar dengan menggunakan AR sebagai media pembelajaran. Siswa merasa sulit dalam kemampuan menulis karena siswa tidak mendapatkan inspirasi atau ide-ide dalam membuat paragraf. Setelah implementasi AR, hasil tulisan para siswa semakin baik karena AR dapat membuka ide baru dalam proses pembelajaran.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Augmented reality, kemampuan menulis, report teks
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bahasa Inggris
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 12 Oct 2018 17:32
                Last Modified: 12 Oct 2018 17:32
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2739

                Actions (login required)

                View Item