UMSurabaya Repository

THE EFFECTIVENESS OF RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TO INCREASE STUDENTS READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT

Islamiyah, Nurul Hikmah (2018) THE EFFECTIVENESS OF RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TO INCREASE STUDENTS READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (583Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (206Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (410Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (379Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (474Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (189Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (9Mb)

                Abstract

                Strategi Reciprocal Teaching telah dibuktikan sebagai metode yang bagus untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode ini telah diterapkan di sekolah luar negeri, terutama untuk mengajar siswa di jenjang sekolah dasar, siswa ESL atau siswa pembelajar bahasa inggris sebagai bahasa kedua dan siswa EFL atau siswa pembelajar bahasa inggris sebagai bahasa asing. Peneliti melakukan penelitian tentang penerapan dari Strategi Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan apakah strategi Reciprocal Teaching efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di Teks Naratif dan untuk mengetahui bagaimana strategi Reciprocal Teaching meningkatkan kemampuan membaca siswa di teks naratif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya model Quasi Experimantal. Peneliti menghitung hasil data pretest dan post test dengan menggunakan SPSS dan microsoft excel. Subyek penelitian ini adalah kelas 8, 8A dan 8B SMP negeri 39 Surabaya. Penelitian ini sudah dilakukan kira-kira sekitar 1 bulan dari tanggal 20 Januari sampai 22 Februari 2018. Strategi Reciprocal Teaching mempunyai 4 tahap di dalamnya yaitu seperti: Predicting, Questioning, Clarifying, dan Summarizing. Strategi ini efektif untuk proses teori siswa dalam membaca yang mana mencegah dari kegagalan membaca itu sendiri. Hasil menunjukkan bahwa strategi Reciprocal Teaching efektif dalam skill membaca teks naratif. Dan hasil itu dapat dilihat dari nilai siswa yang meningkat secara siknifikan dari nilai pretest ke nilai post test.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Membaca, Teks Naratif, Metode Kuantitatif, Model Quasi Experimental, Strategi Reciprocal Teaching.
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 15 Oct 2018 17:14
                Last Modified: 15 Oct 2018 17:14
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2753

                Actions (login required)

                View Item