UMSurabaya Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dengan Tahapan 4Me untuk Pengembangan Karakter 4C's Mahasiswa

Suprapti, Endang and Mursyidah, Himmatul (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dengan Tahapan 4Me untuk Pengembangan Karakter 4C's Mahasiswa. MUST (Journal of Mathematics Education, Science and Technology), 2 (2). pp. 208-220. ISSN 2541-4647

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (3460Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Peer Review)
    Download (522Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Cek Plagiasi)
      Download (3416Kb) | Preview

        Abstract

        Modul merupakan salah satu alternatif alat bantu mengajar yang mendukung pembelajaran mahasiswa. Namun, masih banyak modul yang belum sesuai dengan kondisi mahasiswa. Selama ini modul cenderung digunakan untuk pencapaian kognitif, menyampaikan materi, pemberian contoh soal, latihan, dan tes. Sehingga peran modul masih sebatas bagaimana mahasiswa dapat memahami suatu konsep/materi yang terkandung dalam modul tersebut tanpa memperhatikan bagaimana karakter yang muncul dalam diri mahasiswa. Dengan kata lain, modul hanya sebagai pengganti peran dosen sebagai sumber belajar dan pemanfaatan dalam pengembangan karakter mahasiswa masih kurang maksimal. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyusun modul pembalajaran aljabar linier dengan tahapan 4Me (Memahami, Menyelesaikan, Membandingkan dan mendiskusikan, serta Menyimpulkan) pada suatu topik permasalahan. Sementara secara khusus penelitian ini untuk mengembangkan karakter 4C’s mahasiswa melalui penggunaan modul pembelajaran dengan tahapan 4Me pada mata kuliah Aljabar Linier. 4C’s (Critical thingking and problem solving skills, Communication skills, Collaboration skill, Creativity and innovation skill) merupakan keterampilan yang perlu dikembangkan dalam rangka menghadapi kehidupan di era global dan abad 21. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model 4-D, dihasilkan perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran, RPP dan instrumen penilaian adalah baik/valid. Kata kunci: aljabar linier, karakter 4C’s, modul pembelajaran

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
        Q Science > QA Mathematics
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: HIMMATUL MURSYIDAH MURSYIDAH
        Date Deposited: 20 Feb 2019 11:13
        Last Modified: 20 Feb 2019 11:13
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2797

        Actions (login required)

        View Item