UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

Wardhani, Adhistana Prasetyo and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (417Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (201Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (264Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (296Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1795Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (88Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis konstruktivisme untuk mata pelajaran matematika materi bangun ruang limas yang valid, praktis, dan efektif di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D oleh Thiagarajan. Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian ini tidak menerapkan tahap penyebaran (Desseminate) sehingga hanya sampai tahap pengembangan (Develop) karena keterbatasan waktu penelitian. Penelitian ini diujicobakan pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) lembar kerja siswa dinyatakan valid oleh dua validator dengan nilai rata-rata total untuk LKS 1 sebesar 3,67 sedangkan LKS 2 sebesar 3,75, (2) lembar kerja siswa memenuhi aspek praktis dan layak digunakan dengan sedikit revisi, (3) lembar kerja siswa dinyatakan efektif karena memiliki persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%, dan (4) respon peserta didik terhadap LKS memiliki rata-rata total sebesar 87,8% dengan kriteria positif. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang berbasis konstruktivisme dinyatakan layak. Kata Kunci: Konstruktivisme, Limas, LKS, Pengembangan

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 11:08
              Last Modified: 28 Sep 2017 12:47
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/28

              Actions (login required)

              View Item