UMSurabaya Repository

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS X AKUNTANSI DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMK WACHID HASYIM 1 SURABAYA

Safitri, Amaliyah and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS X AKUNTANSI DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMK WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (449Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (24Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (297Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (52Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1867Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (29Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (3528Kb)

                Abstract

                Kurikulum 2013 pada SMK memiliki jumlah materi lebih banyak dibandingkan kurikulum sebelumnya. Matematika di SMK merupakan mata pelajaran adaptif yang memiliki jumlah jam yang lebih sedikit dibanding mata pelajaran produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa kelas X akuntansi dan administrasi perkantoran serta mendeskripsikan perbandingan pemahaman konsep metematika kelas X akuntansi dan administrasi perkantoran pada materi trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena datanya berupa kata-kata. Uji kabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu teknik tes dan wawancara Subjek pada penelitian ini adalah 3 siswa akuntansi dan 3 siswa administrasi perkantoran yang memiliki tingkat pemahaman tinggi, sedang dan rendah. Objek penelitiannya adalah pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, yaitu teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri adalah sebagai berikut, 1) Subjek berkemampuan tinggi akuntansi maupun administrasi perkantoran mampu mencapai 5 indikator; 2) Subjek berkemampuan sedang akuntansi maupun administrasi perkantoran mampu mencapai 2 indikator; 3) Subjek berkemampuan rendah akuntansi belum mampu mencapai semua indikator, subjek administrasi perkantoran mampu mencapai 4 indikator. Kata kunci: pemahaman konsep matematika, trigonometri, akuntansi, adminstrasi perkantran, SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Sep 2017 11:18
                Last Modified: 28 Sep 2017 12:43
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/29

                Actions (login required)

                View Item