UMSurabaya Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KARTU PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Mulyani, Tutik and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN KARTU PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (626kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (88MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (88MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran yang tidak didominasi oleh guru yang mengakibatkan siswa kurang aktif. Untuk itu guru diharapkan dapat menciptakan metode yang lain, misalnya metode permainan kartu matematika yang disesuaikan dengan pokok bahasan yang sedang dipelajari dan sesuai dengan tingkat usia anak. Di usahakan konsep yang abstrak dalam matematika dapat diubah menjadi objek yang konkrit sehingga mudah dimengerti anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui metode permainan kartu pada materi perkalian dan pembagian kelas III A SD Negeri 1 Sukodono Sidoarjo. Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode permainan kartu, respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode permainan kartu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode permainan kartu dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dapat dilihat Peningkatan rata-rata nilai kelas III A siswa SD Negeri 1 Sukodono Sidoarjo dari sebelum tindakan sampai siklus II terdapat peningkatan sebesar 26,97 Banyaknya siswa yang tuntas meningkat sebesar 62.1%.Aktivitassiswaterjadipeningkatanposistif yang ditunjukandenganpeningkatanpadakategoriaktivitassiswa, dansemakinberkurangnyaprosentaseaktivitassiswapadaperilaku yang tidakrelevan.Hasil analisis respons siswa mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan (Kartu Permainan), siswa menyatakan respon positif terhadap proses pembelajaran selamamengunakanmetodepermainan. Kata Kunci: Metode Permainan Kartu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:22
Last Modified: 08 Nov 2017 07:22
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item