UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS–ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Rizki, Anis Asfianita and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Shoffan Shoffa, M.Pd. (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS–ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (945Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (318Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (547Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (557Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (474Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (87Kb)

              Abstract

              Proses pembelajaran matematika kelas VIII-C di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya menunjukkan bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya penerapan model pembelajaran sehingga kurang terjalinnya interaksi antar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran, peningkatan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan satu pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Data diperoleh dari observasi, tes, kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan sebesar 31,82% menjadi 40,91% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II sebesar 81,82% dengan rata-rata 83,95. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% dan telah mengalami kenaikan setiap siklusnya. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA) meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Model pembelajaran Means–Ends Analysis(MEA), hasil belajar

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 11:28
              Last Modified: 28 Sep 2017 12:36
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/30

              Actions (login required)

              View Item