UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI TEMPAT DENGAN MEDIA ABAKUS DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SUKODONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AFRILIANTY DEWI, RATIH and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI TEMPAT DENGAN MEDIA ABAKUS DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SUKODONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (399Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (137Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (456Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (238Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (262Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (86Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1663Kb)

                Abstract

                Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui media abakus pada materi nilai tempat kelas II B SD Negeri I Sukodono Sidoarjo, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan media abakus, dan respon siswa terhadap media pembelajaran dengan media abakus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa dengan menggunakan media abakus, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dapat dilihat peningkatan kemampuan memahami nilai tempat kelas II B Siswa kelas SD Negeri I Sukodono Sidoarjo dari sebelum tindakan sampai siklus 2, terdapat peningkatan sebesar 14,98. Banyaknya siswa yang tuntas belajar sebanyak 30%. Aktivitas siswa terjadi peningkatan positif yang ditunjukkan dengan peningkatan pada kategori aktivitas siswa, dan semakin berkurangnya prosentase aktivitas siswa pada perilaku yang tidak relevan. Siswa menyatakan respon positif terhadap proses pembelajaran nilai tempat dengan menggunakan metode Abakus. Kata Kunci : Nilai Tempat, Media Abakus, Hasil Belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 08 Nov 2017 14:28
                Last Modified: 08 Nov 2017 14:28
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/300

                Actions (login required)

                View Item