UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES KURIKULUM TAHUN 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS X BAHASA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mubarok, Insani Mubarok (2018) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES KURIKULUM TAHUN 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS X BAHASA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES KURIKULUM TAHUN 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS X BAHASA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018, 2 (1). pp. 1-13. ISSN 2597-4122

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (319Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Cek Plagiasi) - Other
    Download (3884Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Peer Review)
      Download (1180Kb) | Preview

        Abstract

        Pembelajaran MI didasarkan pada jenis kecerdasan yang dominan, gaya belajar, dan kecenderungan kerja otak kanan-kiri. Selanjutnya, guru menyesuaikannya dengan menentukan penggunaan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Hal inilah yang terjadi pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Bahasa tahun pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu, fenomena tersebut dijadikan fokus penelitian: (1) Jenis-jenis kecerdasan majemuk, modalitas belajar, dan kecenderungan otak kanan-kiri, (2) Bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis Multiple Intelligences pada peserta didik kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Kurikulum Tahun 2013 Pada Peserta Didik Kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Fenomena yang hendak diteliti adalah jenis-jenis kecerdasan majemuk, gaya belajar, dan kecenderungan otak kanan-kiri, bentuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Kurikulum Tahun 2013 Pada Peserta Didik Kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018dan faktor-faktor pendukung serta penghambatnya. Untuk memperoleh data-data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara kualitatif, dan dokumentasi.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Program Studi Bahasa
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: INSANI WAHYU MUBAROK
        Date Deposited: 14 Feb 2019 15:46
        Last Modified: 15 Apr 2019 11:47
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3009

        Actions (login required)

        View Item