UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 3 MI DALAM MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AREA

Firdaus, Annisa Ulil Jannahtu and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 3 MI DALAM MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AREA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (740Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (177Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (246Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (259Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (483Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (189Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (14Mb)

                Abstract

                Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik kelas 3 MI Darul Ulum Driyorejo-Gresik adalah kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model area dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik pada materi perkalian dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model area dalam materi perkalian sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik kelas 3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari tes awal dengan prosentase siklus I 23,6% dan prosentase siklus I dengan siklus II sebesar 23,5%. Analisis respon siswa pada tabel 4.12 mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model area, siswa menyatakan respon positif terhadap proses pembelajaran selama menggunakan model area. Kata kunci: Model Area, Perkalian

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Sep 2017 11:38
                Last Modified: 28 Sep 2017 12:31
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/31

                Actions (login required)

                View Item