UMSurabaya Repository

Analisis Strategi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Musa, Mochammad and Suprapti, Endang and Soemantri, Sandha (2018) Analisis Strategi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. INSPIRAMATIKA Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4 (2). pp. 132-146. ISSN 2579-9061

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (2405Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Hasil Plagiasi) - Published Version
    Download (4Mb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (1355Kb) | Preview

        Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecenderungan strategi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, rendah, serta secara klasikal dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV dari empat metode yang sudah dipelajari.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik di MTs Salafiyah Menganti Gresik. Teknik pengumpulan datanya melalui tes 1 butir soal cerita dan wawancara yang dilakukan terhadap peserta didik terpilih berdasarkan hasil yang didapatkan, peserta didik terpilih yang termasuk ke dalam golongan kemampuan tinggi, sedang, rendah, dimana masing-masing dipilih dua peserta didik secara acak. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu instrumen penelitian diajukan kepada dua orang validator dengan tujuan agar instrumen penelitian dapat dikatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV secara umum cenderung menggunakan cara eliminasi, sedangkan secara khusus cenderung dengan menggunakan cara eliminasi varibael y saja dengan jumlah persentase sebanyak 35% dengan kriteria rendah. Persentase secara umum untuk masing-masing cara adalah (1) grafik 0% dengan kriteria kecenderungan sangat rendah, (2) substitusi 20% dengan kriteria sangat rendah, (3) eliminasi 65% dengan kriteria cukup, (4) campuran 15% dengan kriteria sangat rendah. Kata Kunci : analisis, SPLDV, strategi.

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > L Education (General)
        L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: SANDHA SOEMANTRI
        Date Deposited: 18 Mar 2019 13:23
        Last Modified: 27 Mar 2019 13:52
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3156

        Actions (login required)

        View Item