UMSurabaya Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE TANDUR DI KELAS VII A SMP NEGERI 15 SURABAYA

Wahyuni, Sri (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE TANDUR DI KELAS VII A SMP NEGERI 15 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1102Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (2554Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (652Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (445Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1101Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (350Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (2535Kb)

                Abstract

                “Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Teknik TANDUR di Kelas VII A SMP Negeri 15 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran keagamaan, dimana siswa kurang aktif, dan hanya menjadi pendengar saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bertahap dari pra siklus, siklus I, siklus II, yang dilakukan secara kolaboratif bersama guru mata pelajaran pendidikan agama islam, yang bertempat di SMP Negeri 15 Surabaya pada kelas VII-A dengan jumlah siswa 37 dalam satu kelas. Dengan tujuan agar siswa dapat meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran keagamaan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah tingkat pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil belajarnya yang terus meningkat di setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 77,25% atau 22 siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM. Pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 80,08% atau 26 siswa telah mencapai nilai KKM. Pada siklus II nilai dengan rata-rata sebesar 86,13% atau 37 siswa telah menuntaskan pembelajaran dengan metode pembelajaran blended learning metode TANDUR.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Blended learning, Teknik TANDUR
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 19 Aug 2019 09:51
                Last Modified: 19 Aug 2019 09:51
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3192

                Actions (login required)

                View Item