UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 15 SURABAYA

Aini, Nur (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 15 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (pendahuluan)
Download (1142Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (436Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (402Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (177Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (238Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (179Kb)
              [img] PDF (lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (3815Kb)

                Abstract

                Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 15 Surabaya. Minat baca adalah kesukaan seseorang pada aktifitas membaca. Saat ini upaya meningkatkan minat baca pada siswa perlu ditingkatkan , mengingat rendahnya minat baca siswa di Indonesia.Dengan meningkatnya minat baca dikalangan siswa tentu akan mampu meningkatkan prestasi belajarnya juga.Untuk itu pemerintah mencanangkan program Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan menjadikan warga sekolah menjadi pembelajar sepanjang hayat. Rumusan masalah dari skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kondisi minat baca siswa di SMP 15 Surabaya. 2) Bagaimana upaya meningkatkan minat baca melelui Gerakan Literasi Sekolah. 3)Apa faktor pendukung dan penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, peserta didik dan petugas perpustakaan.Teknik pengambilan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Keabsahan data diambil melalui trianggulasi sumber. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Kesimpulan yang didapat penulis antara lain : 1. Kondisi minat baca peserta didik di SMP Negeri 15 Surabaya sudah lebih meningkat dari sebelumnya dengan adanya Gerakan Literasi Sekolah yang telah berjalan selama dua tahun terakhir ini. 2. Upaya sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa antara lain dengan melaksanakan kegiatan literasi melalui tiga tahap, yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. 3. Faktor pendukung dalam kegiatan literasi dii SMP Negeri 15 Surabaya adalah adanya sarana dan prasarana yang turut mendukung seperti perpustakaan , sudut baca dan lingkungan yang kaya teks. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang luasnya perpustakaan dan koleksi buku-bukunya yang belum lengkap serta penataan buku di sudut baca yang belum rapi.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Minat baca, Gerakan Literasi sekolah
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 19 Aug 2019 09:08
                Last Modified: 19 Aug 2019 09:08
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3225

                Actions (login required)

                View Item