UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PEMBELIAN KOMPULSIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS WANNABLE DI SURABAYA

Karomah, Maretadika Nurul (2018) HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PEMBELIAN KOMPULSIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS WANNABLE DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (505Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (328Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (459Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (338Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (445Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (188Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (774Kb)

                Abstract

                Kecenderungan fanatisme penggemar terhadap idolanya menjadikan seseorang memiliki kecenderungan konsumtif yang tinggi terutama terkait pada idolanya. Perilaku konsumtif yang tinggi perlahan-lahan akan menjadikan seseorang kompulsif. Pembelian kompulsif pada para anggota komunitas Wannable semakin lama membuat mereka sulit mengendalikan keinginan untuk membeli dengan tujuan untuk menghilangkan perasaan negatif, meningkatkan status sosial ataupun untuk menunjukkan identitas diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada Komunitas Wannable di Surabaya yang berusia dewasa awal. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu terdapat hubungan antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada anggota komunitas Wannable di Surabaya yang berusia dewasa awal. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 71 anggota dewasa awal komunitas Wannable di Surabaya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala celebrity worship dan pembelian kompulsif dengan metode analisis data dan menggunakan analisis product moment. Hasil analisis yang diperoleh taraf signifikansi 0,000 dan nilai koefisien korelasi =0,780, dan nilai koefisien korelasi =1. Hal itu menunjukkan adanya hubungan positif antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada anggota komunitas Wannable di Surabaya yang berusia dewasa awal, yang artinya semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi pembelian kompulsif anggota komunitas Wannable di Surabaya yang berusia dewasa awal.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Celebrity Worship, Pembelian Kompulsif, Dewasa Awal
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                Divisions: Fakultas Psikologi > Prodi Psikologi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 15 Aug 2019 10:21
                Last Modified: 15 Aug 2019 10:21
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3266

                Actions (login required)

                View Item