UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK AL-IRSYAD SURABAYA

Badriyah, Badriyah and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK AL-IRSYAD SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (732Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (196Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (294Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (222Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (656Kb)
            [img] PDF (Lampiran)
            Restricted to Repository staff only

            Download (10Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X F2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pada uji t-Test terlihat bahwa nilai t_tabel dengan taraf signifikan kedua kelas tersebut 0,05 adalah 3,97. Dengan nilai kritis t untuk taraf nyata 0,05 dan df =78 adalah 1,67. Karena t_tabel= 1,67 ≤ t_hitung= 3,97, maka H_(0 )ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor tes akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD), hasil belajar

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 11:47
              Last Modified: 28 Sep 2017 11:09
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/33

              Actions (login required)

              View Item