UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS V MI DARUL ULUM MOJOSARIREJO-GRESIK

Wusko, Danti Urwatin and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS V MI DARUL ULUM MOJOSARIREJO-GRESIK. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (761Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (255Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (643Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (332Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (369Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (10Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang masih menggunakan metode ceramah, hal ini membuat siswa masih merasa sulit dalam memahami konsep baru. Sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep baru. Model pembelajaran PBL(problem based learning) adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendiskipsikan peningkatan kemampuan matematika dalam mengerjakan soal cerita pada siswa kelas V MIDarul Ulum setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning pada materi pecahan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian dengan 28 siswa kelas Kelas V MIDarul Ulum tahun ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning hasil kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pada materi pecahan mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil kemampuan siswa memperoleh sebesar 74,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 89,28%. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 74,29 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,86%. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah terpenuhi yaitu 92,86% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60. Kata Kunci: Kemampuan,Problem Based Learning, Meningkat.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Sep 2017 11:51
                Last Modified: 28 Sep 2017 10:51
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/34

                Actions (login required)

                View Item