UMSurabaya Repository

Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Membangun Kinerja Guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya

ASY’ARI, ASY’ARI (2017) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Membangun Kinerja Guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Jurnal ELSE, 1 (2a). pp. 68-82. ISSN 2597-4122

[img]
Preview
PDF (Pree Review)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Asli )
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Plagiasi)
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini menganalisis gaya kepemimpinan Kepala Sekolah pada kinerja guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jumlah 16 responden. Data diperoleh melalui kuisioner atau angket dengan pertanyaan yang relevan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui persentase dan diolah dengan cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden dikali 100%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat diidentifikasi secara segnifikan, maka hasilnya ditinjau dari keseluruhan rata-rata indicator yang diasumsikan yaitu indicator derektif sebesar persentase sebesar 12 (75.0%) pada kategori skor ‘sering’ dengan jumlah rata-rata 4.06. indikator sportif sebesar (68.7%) pada kategori skor ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata 4.18. indicator partisipatif sebesar 10 (62.5%) pada kategori skor ‘sering’ dan ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata 4.03.Dan berorientasi prestasi sebesar sebesar 9 (56.2%) pada kategori sekor ‘sering’ dengan jumlah rata-rata 3.88, dengan jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 4.03. Sehingga dari 4 indikator tersebut dikatagorikan baik sehingga gaya kepemimpinan kepala sekolah adiwiyata dapat disimpulkan baik. Katakunci: gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru ABSTRACT The purpose of this study to analyze the leadership style of principals on the performance elementary school teachers of Adiwiyata Natural School of Human Science Noble Surabaya (SAIMS). This research was conducted with descriptive quantitative descriptive approach with the number of 16 respondents. The data obtained through questionnaires with relevant questions. Then the data obtained analyzed descriptively and processed by frequency divided by the number of respondents multiplied by 100%. Based on the results of the analysis, can be identified in a significant way, the result is evaluated from the overall indicator that is assumed that the derivative indicator is 12% (75.0%) in the 'often' score category with the average number of 4.06. sportive indicator of (68.7%) in the 'always' score category with an average number of 4.18. participatory indicator of 10 (62.5%) in the 'frequent' and 'always' score categories with an average number of 4.03. And achievement-oriented amounted to 9 (56.2%) in the 'frequently' with an average amount of 3.88, overall average of 4.03. In my conclution from the 4 indicators are well so conclution that principal style of Adiwiyata principal concluded well. Keywords: leadership, heads school, teacher performance

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ASY'ARI ASY'ARI ASY'ARI
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:37
Last Modified: 05 Aug 2019 08:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item