UMSurabaya Repository

Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Aritmetika Sosial

Zylvy, Cruschita Levyana (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Aritmetika Sosial. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (443kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih minimnya penggunaan media dan bahan ajar pembelajaran dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dimiliki sekolah hanya buku paket dan LKS yang hanya berisikan ringkasan materi, contoh soal dan latihan soal sehingga membuat siswa cenderung hanya menghafal rumus-rumus tanpa memahami maksud dan tujuannya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbentuk komik dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi artimetika sosial. Bahan ajar berbentuk komik menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran, dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan dua taha, yaitu tahap uji coba terbatas pada kelas VII-A SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dan tahap uji coba lapangan pada kelas VII-B SMP Muhammadiyah 17 Surabaya. Hasil penilaian secara deskritif diperoleh sebagai berikut: kevalidan bahan ajar berbentuk komik dari empat validator dengan rata-rata-3,48 dengan kategori valid; kepraktisan bahan ajar berbentuk komik dengan kriteria dapat digunakan dengan sedikit revisi serta keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas diperoleh 3,06 dengan kriteria baik dan pada uji coba lapangan diperoleh 3,6 dengan kriteria sangat baik; efektifitas bahan ajar berbentuk komik dinyatakan dari hasil respon siswa diperoleh 95,5% dengan kriteria sangat kuat, ketuntasan klasikal sebesar 88% dan pada uji coba lapangan ketuntasan klasikal sebesar 96,83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aritmetika sosial, Komik, Pengembangan, PMRI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:39
Last Modified: 08 Aug 2019 04:39
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item