UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Papin Aljabar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya

Muninggar, Fajar Arum (2018) Pengaruh Media Papin Aljabar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (308Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (169Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (452Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (397Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1179Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (264Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (15Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Papin Aljabar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar, aktivitas siswa dan guru serta respon siswa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperiment. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan uji t diperoleh posttest 1 dengan t_tabel=2,024<t_hitung=5,342 dan posttest 2 dengan t_tabel=2,024<t_hitung=2,813, maka H_0 ditolak sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata skor akhir test pada kelas kontrol; (2) Aktivitas siswa paling dominan terjadi adalah aktivitas siswa “Berdiskusi dengan kelompok mengerjakan LKS” dengan persentase sebesar 36%; (3) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mendapat skor rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat baik; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan Media Papin Aljabar berpengaruh positif dan signifikan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Media Papin Aljabar, Pembelajaran Kooperatif, Spontaneous Group Discussion
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 09 Aug 2019 11:22
                Last Modified: 09 Aug 2019 11:22
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3514

                Actions (login required)

                View Item