UMSurabaya Repository

Pengembangan Media Jam Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Kelas VIII Materi Bangun Datar

Hidayatunnisa, Yusela (2018) Pengembangan Media Jam Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Kelas VIII Materi Bangun Datar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (632Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (215Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (456Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (357Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (460Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (92Kb)

              Abstract

              Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dikembangkan berorientasi pada Media Jam Bangun Datar dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Mendeskripsikan proses pengembangan dan mengahsilkan matematika model Kooperatif tipe STAD dengan media Jam Bangun Datar yang baik pada materi Bangun Datar Segi emapat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP YAPITA Suarabaya di kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan pembelajaran 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKS (Lembar Kerja Siswa), THB (Tes Hasil Belajar) dan Media Pembelajaran Jam Bangun Datar. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan selanjutnya akan dilihat apakah sudah memenuhi sebagai Perangkat Pembelajaran yang baik yaitu suatu perangkat yang dapat menunjang pembelajaran sehingga tercapai tujuan yang diharapkan dan merupakan perangkat pembelajaran sesuai prosedur pengembangan perangkat pembelajaran dan memenuhi. Berdasarkan analisi pada tahap pengembangan, diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe STAD dengan media pembelajaran Jam Bangun Datar pada materi Bangun Datar di SMP Yapita Surabaya telah memenuhi kriteria baik berdasarkan hasil validasi ahli dan hasil uji coba yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Media Jam Bangun Datar; Kooperatif tipe STAD
              Subjects: L Education > L Education (General)
              Q Science > QA Mathematics
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 09 Aug 2019 12:30
              Last Modified: 09 Aug 2019 12:30
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3521

              Actions (login required)

              View Item