UMSurabaya Repository

PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT UKM KENJERAN SURABAYA BERBASIS MARKETING MIX SYARIAH

Maro’ah, Siti (2016) PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT UKM KENJERAN SURABAYA BERBASIS MARKETING MIX SYARIAH. Universitas 17 Agustus, Surabaya, pp. 1315-1327. ISBN 978-602-422-196-6

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3739Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (2787Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (1426Kb) | Preview

        Abstract

        Keunggulan pemasaran dapat dicapai dengan memperhatikan 7 (tujuh) variabel “Marketing Mix” yang terdiri dari Product, Price, Place (distibution), Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Mengingat 87,18% penduduk Indonesia memeluk agama Islam (Shaw, 2006) maka sangat relevan bila diterapkan model Marketing Mix Syariah. Melalui Marketing Mix Syariah seluruh proses, baik proses penciptaan, penawaran maupun perubahan nilai (value), tidak boleh bertentangan dengan akad dan prinsip muamalah yang Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk olahan ikan laut UKM Kenjeran Surabaya tergantung dari hasil tangkapan nelayan baik secara kuantitas maupun kualitas. Penetapan harga sesuai dengan kesepakatan antara penjual-pembeli, dan tidak ada unsur riba. Distribusi pemasaran produk dipasarkan di daerah sekitar dan melayani pesanan. Promosi dilaksanakan melalui pameran ketika di kelurahan atau di lingkungan RT/RW menyelenggarakan hajatan. Layanan pemasaran sewajarnya, disertai salam, sapa, senyum, sopan, dan santun. Proses pemasaran secara konvensional belum memperhatikan kemasan produk yang menarik dan merek (brand) yang dapat dikenal masyarakat lebih luas. Bukti fisik pemasaran masih digunakan pencatatan sederhana dan seadanya. Kata kunci: UKM, Pemasaran Produk, Marketing Mix Syariah.

        Item Type: Book
        Uncontrolled Keywords: UKM, Pemasaran Produk, Marketing Mix Syariah.
        Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
        Divisions: Prosiding > Fakultas Ekonomi dan Bisnis
        Depositing User: SITI MARO AH MARO AH
        Date Deposited: 28 Aug 2019 14:56
        Last Modified: 16 Oct 2019 09:33
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3540

        Actions (login required)

        View Item