UMSurabaya Repository

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps di SMP Raden Rahmat Balongbendo

Putri, Aderia Wulansuci (2017) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps di SMP Raden Rahmat Balongbendo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (393Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (160Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (227Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (401Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (528Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (85Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (8Mb)

                Abstract

                Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang diterapkan di setiap sendi kehidupan. Upaya peningkatan pendidikan matematika di Indonesia terus dilakukan. Informasi yang diperoleh dari guru matematika kelas VIII D SMP Raden Rahmat Balongbendo menyatakan bahwa ketuntasan belajar siswanya hanya mencapai 41,18%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas, respon, dan hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data diantaranya: metode observasi, metode tes dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps. Banyaknya siswa yang tuntas meningkat dari 41,18% menjadi 85,29%. Peningkatan aktivitas siswa aspek afektif mencapai 52,93%, dan aktivitas siswa aspek psikomotor mencapai 61,76%. Respon siswa terhadap model pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps positif. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi guru guna menerapkannya dalam pembelajaran matematika pada materi yang lainnya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, LKS small steps, matematika, think-pair-share
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 11:58
                Last Modified: 20 Aug 2019 11:58
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3548

                Actions (login required)

                View Item