UMSurabaya Repository

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Kelas VII-D SMP Negeri 2 Wonoayu

Mukti, Devi Purnaning (2017) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Kelas VII-D SMP Negeri 2 Wonoayu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (415Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (274Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (374Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (327Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (640Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (89Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (13Mb)

                Abstract

                Rendahnya kualitas hasil belajar yang dapat ditandai oleh pencapaian prestasi belajar yang belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah yang ada di dalam kelas dan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dan bertempat di SMP Negeri 2 Wonoayu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, nilai hasil belajar (tes) dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar mencapai 76,56% dari jumlah siswa. Aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif dengan prosentase sebesar 70,31%. Pernyataan respon siswa baik/setuju dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam proses pembelajaran dengan prosentase sebesar 88,54% sedangkan pernyataan respon siswa yang tidak setuju dengan prosentase sebesar 11,46%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: PTK, Two Stay Two Stray
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 14:11
                Last Modified: 20 Aug 2019 14:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3550

                Actions (login required)

                View Item