UMSurabaya Repository

Pengembangan Majalah Matematika Islam Dengan Pendekatan Al-Qur’an Sebagai Alternatif Bahan Ajar Dalam Menumbuhkan Nilai Islami

Yuhroh, Erni Mei (2017) Pengembangan Majalah Matematika Islam Dengan Pendekatan Al-Qur’an Sebagai Alternatif Bahan Ajar Dalam Menumbuhkan Nilai Islami. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (794Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (227Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (550Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (493Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (2910Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (200Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (16Mb)

                Abstract

                Pengembangan Majalah Matematika Islam Dengan Pendekatan Al-Qur’an didesain dengan cara mengintegrasikan antara matematika dengan nilai-nilai islami, serta menumbuhkan suatu kemampuan siswa dalam hal literasi. Rumusan masalah penelitian ini terkait langkah-langkah penyusunan dan penerapan Majalahserta, sikap Islami pada siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan langkah-langkah penyusunan serta penerapannya bahan ajar tersebut. Nilai Islami yang muncul dari siswa saat belajar matematika dengan menggunakan Majalah. Penelitian termasuk model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang mana pada penelitian ini akan dijelaskan untuk menggambarkan alur yang dikembangkan untuk menghasilkan produk. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap Pendefinisian (Define),Perancangan (Design), Pengembangan (Develop). Dari hasil penelitian langkah-langkah penyusunan bahan ajar majalah dengan cara menganalisis dari kurikulum, guru , siswa dan konsep dengan cara observasi, wawancara dan pemberian angket respon. Adapun angket respon siswa terkait bahan ajar adalah 80% kriteria kuat. Sedangkan untuk mengetahui dampak sikap islami dari siswa dengan cara melakukan kegiatan observasi siswa.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Majalah, Nilai Islami, Al-Qur’an
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 14:19
                Last Modified: 20 Aug 2019 14:19
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3551

                Actions (login required)

                View Item