UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Gasiling Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Surabaya.

Wijayanti, Ficky Arum (2017) Pengaruh Media Gasiling Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (642Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (154Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (628Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (386Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (818Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (258Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (11Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini menggunakan media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini diuji cobakan pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji t satu pihak, diperoleh posttest 1 dengan t_tabel = 2,00172 ≤ t_hitung 4,511 dan posttest 2 dengan t_tabel = 2,00172 ≤ t_hitung 4,109 maka H_1 diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: media gasiling, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), hasil belajar
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 14:38
                Last Modified: 20 Aug 2019 14:38
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3553

                Actions (login required)

                View Item