UMSurabaya Repository

Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Fitriyana, Intan Tri (2017) Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1135Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (379Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (562Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (476Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (605Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (271Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (16Mb)

                Abstract

                Pembelajaran matematika di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya peserta didik kurang terlibat aktif, peseta didik belajar hanya dengan mendengarkan,menghafal rumus kemudian mengerjakan soal latihan dengan menggunakan rumus yang telah dihafalkan. Penelitian ini adalah implementasi dari model pembelajaran experiential learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus pelaksanaan. Hasil penelitian siklus I memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 87%, pada siklus II memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 88%. Sedangkan pada siklus III memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik yang sering muncul adalah aktivitas mengerjakan soal (individu maupun kelompok) sebesar 34,7%. Hasil pengamatan sebelum tindakan aktivitas yang sering muncul adalah aktivitas mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pengajar. Pada siklus II aktivitas peserta didik yang sering muncul adalah aktivitas berdiskusi (antar peserta didik maupun antara peserta didik dan pengajar) sebesar 31,8% sedangkan pada siklus tiga didominasi oleh aktivitas berdiskusi (antar peserta didik maupun atara peserta didik dan pengajar) sebesar 33,9%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: meningkatkan aktivitas, model pembelajaran Experiential Learning
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 15:05
                Last Modified: 20 Aug 2019 15:05
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3555

                Actions (login required)

                View Item