UMSurabaya Repository

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian

Wafah, Umi Najatul (2017) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1022Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (292Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (697Kb)
        [img] PDF (Bab 3 )
        Restricted to Registered users only

        Download (636Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (678Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (247Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (58Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen yaitu jenis Quasi Eksperiment (eksperimen semu) karena kelas kontrol tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Dengan subjek penelitiannya adalah model Problem Based Learning (X1) dan Discovery Learning (X2) sebagai variabel bebas, hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil penilitan didapatkan tidak ada perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada siswa kelas VII di SMP Bilingual Terpadu Krian. Hal ini dibuktikan dengan Uji hipotesis atau uji t pada KD 1 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kedua kelas jika dilihat dari thitung = 1,030 dan ttabel=1,667 jadi thitung < ttabel, ini berarti H0 diterima. Sehingga pada KD 1 dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh tidak ada perbedaan secara signifikan diantara kelas yang dibandingkan. KD 2, menunjukkan bahwa thitung = 0,287 dan ttabel = 1,667 jadi thitung < ttabel, ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: discovery learning, hasil belajar; problem based learning
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 16:45
                Last Modified: 21 Aug 2019 14:32
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3561

                Actions (login required)

                View Item