UMSurabaya Repository

Penerapan Hak Asasi Manusia Melalui Model Pembelajaran Siaga Bencana

Martati, Badruli (2014) Penerapan Hak Asasi Manusia Melalui Model Pembelajaran Siaga Bencana. In: Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VI (Ting VI). Universitas Terbuka, Jakarta, 1.408-1.417. ISBN 978-979-011-923-9

[img]
Preview
PDF (Artikel)
Download (753Kb) | Preview

    Abstract

    Berbagai bencana telah menimpa Indonesia seperti di Aceh, Padang, Nias, Jogyakarta, Jateng Selatan, Sulawesi Utara, Halmahera dan lain- lain. Bencana dapat menimpa setiap manusia, meski tidak seorangpun menghendaki datangnya bencana. Sesunguhnya bencana adalah pengaruh alam atau ancaman yang dibuat manusia yang berdampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan. Informasi atau pengetahuan tentang adanya bencana menjadi hak bagi setiap warga negara untuk mendapatkan dari negara, dimana merupakan hak untuk hidup aman dari ancaman bencana. Perlindungan terhadap hak hidup manusia merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib diberikan negara. Sebagai penerapan hak asasi manusia kepada warga negara dapat diberikan melalui pembelajaran. Sebuah model pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan agar peserta didik memiliki karakter siaga bencana. Karakter siaga bencana merupakan kemampuan yang perlu dimiliki peserta didik pada saat prabencana, ketika terjadi bencana dan pascabencana.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Bencana, hak asasi manusia, pengetahuan, model pembelajaran
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Badruli Martati
    Date Deposited: 21 Aug 2019 11:53
    Last Modified: 21 Aug 2019 11:53
    URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3563

    Actions (login required)

    View Item