UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN METODE THE STUDY GROUP PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Amala, Dina Nur and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN METODE THE STUDY GROUP PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (802Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (86Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (172Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (369Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (556Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (76Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan generative learning dengan metode the study group pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan aktivitas siswa tercapai karena tujuh dari delapan aktivitas siswa dalam rentang waktu ideal; (2) Keefektifan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 70% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara individu; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Sehingga, pendekatan generative learning dengan metode the study group efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan generative learning, Metode the study group

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 12:11
              Last Modified: 28 Sep 2017 09:57
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/36

              Actions (login required)

              View Item