UMSurabaya Repository

ANALISA PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ES KRIM WALLS DENGAN METODE SEM (STUDY KASUS: ES KRIM WALLS DI SURABAYA)

Mahardika, Eddo (2012) ANALISA PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ES KRIM WALLS DENGAN METODE SEM (STUDY KASUS: ES KRIM WALLS DI SURABAYA). Program Studi MMT-ITS. ISBN 978-602-97491-4-4

[img]
Preview
PDF (Artikel Prosiding)
Download (117Kb) | Preview

    Abstract

    Di Indonesia, es krim Walls adalah salah satu jenis makanan kecil yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat pada saat ini adalah eskrim dijual mulai supermarket sampai warung. PT. Unilever Tbk sebagai produsen es krim Walls yang menawarkan produknya dalam berbagai jenis rasa dan ukuran secara satuan. PT Unilever Tbk juga menawarkan dalam kemasan besar (kemasan keluarga) dengan rasa beranekaragam tentunya memberikan alternatif bagi konsumen. Selain distribusi yang cukup luas serta rasa yang cukup bervariasi membuat es krim Walls tetap menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Sampel dalam penelitian ini adalah 228 responden diambil secara Purposive sampling agar data yang terkumpul dapat mewakili konsumen atau pembeli eskrim Walls di kota Surabaya dan pengumpulan datanya dengan kuesioner dan menggunakan metode analisis persamaan structural (Structural equation model (SEM)) dengan menggunakan AMOS 16.0 untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pengujian hipotesis, studi ini menemukan bahwa: (1) Produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) produk berpengaruh tidak signifikan terhadap harga, (4) harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (5) kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (6) produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan agar tetap tinggi, harus dimulai dari pemberikan kualitas produk dan kualitas layanan yang optimal karena dari kedua hal tersebut sangat efektif untuk menguatkan kepuasan pelanggan.

    Item Type: Book
    Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, kualitas layanan, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Divisions: Prosiding > Fakultas Teknik
    Depositing User: EDDO MAHARDIKA MAHARDIKA
    Date Deposited: 31 Jan 2020 02:41
    Last Modified: 31 Jan 2020 02:41
    URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3670

    Actions (login required)

    View Item