UMSurabaya Repository

HAK GUGAT KONSUMEN TERHADAP PROMOSI YANG TIDAK BENAR DI MEDIA ELEKTRONIK

CHOMARIA, SITI (2019) HAK GUGAT KONSUMEN TERHADAP PROMOSI YANG TIDAK BENAR DI MEDIA ELEKTRONIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1023Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (371Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (453Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (394Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (151Kb)

            Abstract

            Iklan sebagai media informasi dapat menimbulkan permasalahan. Demi keuntungan pihak tertentu kerap kali memuat informasi yang tidak benar, tidak jelas dan menyesatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hak gugat dan upaya hukum konsumen terhadap informasi yang tidak benar di media elektronik yang berkesan menyesatkan, metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Konsumen berhak atas informasi yang benar, jelas dan jujur. Apabila konsumen merasa dirugikan atas informasi yang tidak benar, konsumen berhak menggugat pelaku usaha dengan menempuh 2 (dua) jalur yaitu di pengadilan atau di luar pengadilan. Upaya hukum di luar pengadilan melalui mediasi atau konsiliasi dan/atau arbitrase melalui BPSK. Putusan arbitrase BPSK bersifat final dan mengikat, hal ini dijelaskan pada UUPK pasal 54 ayat (3) Jo Pasal 42 ayat (1) Kepmenperindag No. 350/MPP/Kep/12/2001. Namun pada ketentuan Pasal 56 UUPK Jo Pasal 41 ayat (6) Kepmenperindag No. 350/MPP/Kep/12/2001 para pihak yang tidak setuju atas putusan BPSK dapat mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri bahkan sampai kasasi ke Mahkamah Agung hal ini dijelaskan pada Pasal 56 ayat (2) UUPK Jo Pasal 41 ayat (3) Kepmenperindag No. 350/MPP/Kep/12/2001. Ketidaksesuaian pasal-pasal yang diatur dalam UUPK ini menimbulkan ketidakpastian hukum.

            Item Type: Thesis (Undergraduate)
            Uncontrolled Keywords: Hak Gugat, Konsumen, Promosi, Iklan Menyesatkan
            Subjects: K Law > K Law (General)
            Divisions: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum
            Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
            Date Deposited: 25 Sep 2019 11:25
            Last Modified: 25 Sep 2019 11:25
            URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3693

            Actions (login required)

            View Item